Selasa, 14 Oktober 2014

Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kata lain Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).
Menurut Juknis Pengelolaan Penilaian pada kurikulum 2013, penilaian setiap mata pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan skala 1–4 (kelipatan 0.33), yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A - D sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K),  Anda bisa mempelajari penilaian dan model raport lebih lanjut pada slide berikSelain itu, untuk memudahkan teman-teman guru dalam melakukan penilaian, pada pelatihan Guru Pendamping Implementasi kurikulum 2013 sempat dibahas sesi pembuatan aplikasi untuk mengolah nilai berdasarkan petunjuk teknis yang ada. Selain itu saya juga sempat mendapat share file serupa dari bapak Drs Subiyanto, pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo. Mengakomodasi dari kedua sumber tadi saya modifikasi jadi file yang lebih simpel dan lebih fleksibel. File tersebut sangat memudahkan untuk membuat nilai bagi guru mapel dan juga memudahkan bagi wali kelas untuk mencetak raport. Karena Format raport sudah saya sesuaikan dengan Juknis Format Raport Kurikulum 2013. Bagi teman-teman guru baik yang jadi guru mapel maupun wali kelas yang mau menggunakan silahkan unduh tautan berikut ini.
Aplikasi penilaian kurikulum 2013 silahkan unduh di sini.
Aplikasi raport UTS kurikulum 2013 silahkan unduh di sini.
Aplikasi raport UTS kurikulum KTSP silahkan unduh di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar